AddThis

Share |

Rabu, 17 Maret 2010

CONTOH PROPOSAL "KELAYAKAN MEREK"

ANALISA KELAYAKAN MEREK USAHA MAJALAH ON LINE ”www.BEKpasuruan.com”

I ) Deskripsi Merek Usaha
Dewasa Ini Teknologi Marketing mengalami perkembangan yang signifikan dengan berkembangnya Internet Marketing. Pada prinsipnya Internet Marketing memiliki pola yang sama dengan pola markting tradisional yang berkembang sebelumnya. Yakni sama-sama terdapat Produk / Barang yang hendak dipasarkan, media pemasaran dan target pasar yang dituju.
Teknik Marketing Off Line yang berkembang pada Bisnis Tradisional dapat kita misalkan sebagai berikut ; Produk berupa Mobil kemudian Media pemasarannya berupa Show Room, dan Target Pasar yang dituju adalah masyarakat menengah keatas disuatu wilayah tertentu.
Pada teknik marketing On Line yang dikembangkan dalam bisnis internet, dengan komponen produk yang sama yakni berupa Mobil, media Pemasarannya berupa Website / Situs dan target pasarnya adalah golongan masyarakat menengah keatas di seluruh dunia, karena dengan menggunakan media Website ini calon pembeli bisa mengakses informasi produk kita dari belahan bumi mana saja melalui internet.
Garis besar yang bisa kita ambil dengan mengadopsi Pola Marketing On Line adalah untuk menjual suatu item Produk tertentu kita tidak perlu membuka kantor pemasaran di banyak tempat, cukup dengan satu Website dan bisa menembus pasar Global.
Pertanyaan yang muncul adalah produk apa yang akan kita jual dan memiliki peluang bisnis bagus ? Salah satu alternatif yang kami ajukan adalah Majalah On Line ”www.BEKpasuruan.com” , Produk ini berupa Majalah On Line yang rubrik utamanya adalah Berita dan Iklan seputar potensi-potensi daerah Pasuruan yang bisa kita publikasikan. Untuk lebih lengkapnya akan dijelaskan dalam Aspek-aspek Analisa Kelayakan Merek Usaha berikut ini.
II ) Aspek-aspek Analisa Kelayakan Merek Usaha Majalah
On Line ” www.BEKpasuruan.com ”

Aspek-aspek yang akan dianalisa dalam Kelayayakan Merek Usaha Majalah On Line www.BEKpasuraan.com meliputi Aspek Teknik Operasional, Aspek Pasar dan Pemasaran, Aspek Hukum, Aspek Management dan Organisasi dan yang terakhir Aspek Keuangan. Secara lebih trperinci akan diuraikan sebagai berikut :


1. Aspek Teknik Operasional
Majalah On Line www.BEKpasuruan.com teknis pengoperasiannya akan diawali dengan pengadaan fasilitas berupa Website. Beberapa variabel teknis yang harus disiapkan adalah sebagai berikut :
a) Penentuan Domain (Alamat Website)
Domain dapat dianalogikan sebagai alamat kantor sekaligus Show room dari majalah.
b) Web Hosting
Dianalogikan sebagai ukuran luas dari show room yang kita sewa. Besarnya Web hosting diukur dalam Mega Byte dan disewa dalam jangka waktu per / bulan atau per / tahun.
c) Template
Setelah memiliki alamat dan menyewa besarnya ruangan, saatnya memilih tampilan dari Website berupa template.
d) Software FTP ( File Transfer Protocol)
Software yang digunakan untuk mengirimkan semua file dari komputer kita ke server Web Hosting (Posting). Sehingga produk yang kta jual dapat kita terbitkan di Website.
e) Traffic / Lalu lintas Pengunjung Website
Traffic pada Internet Marketing sangat menentukan seberapa laku produk kita terjual. Lebih dari 82 % orang mencari informasi di internet dengan menggunakan Situs Pencari seperti google, yahoo dan MSN. Untuk mecari apapun di internet semua orang akan mengetikkan kata kunci ( Keyword ) dan situs pencari akan memberikan hasil pencarian. Oleh karena itu agar Traffic pada Website kita bagus, maka nama Website harus mengandung kata kunci seperti www.BEKpasuruan.com. Diharapkan dengan menggunakan Keyword ”BEK ” pengguna internet yang hendak mengakses Berita dan Iklan akan tersambung dengan Website kita.
Majalah On Line www.BEKpasuruan.com secara Operasional akan di Up-Date/di Posting tiap satu bulan sekali. Rubrik-rubrik yang disajikan antara lain :
1) News
a. Berita
b. Profil Tokoh
c. Feature Laporan Kegiatan



2) Advertisment
a. Perusahaan
• Iklan Produk
• Profil Usaha
• Lowongan Pekerjaan
b. Pemerintah daerah
• Iklan Layanan Masyarakat
• Sosialisasi Program Pemerintah
• Informasi tender
c. Individu
• Labour Agency
• Bursa Second Hand
2. Aspek Pasar Dan Pemasaran
Aspek Pasar dalam hal ini dikaitkan dengan Target Pasar yang akan dituju, sedangkan Pemasaran berkaitan dengan langkah awal yang diambil untuk memasarkan produk tersebut.
Ditinjau dari Aspek Pasar, media On Line di Pasuruan dengan Konsep Majalah seperti www.BEKpasuruan.com merupakan Pioner atau yang pertama kali berdiri di Pasuruan, sehingga belum terdapat Kompetitor Usaha.
Sementara untuk pengguna Internet lokal Pasuruan terdiri dari para Pelajar, Mahasiswa dan Profesional Muda. Golongan inilah yang akan menjadi Target Pasar kita, dan di sisi lain kita juga berusaha menarik minat Perusahaan-perusahaan dan Instansi Pemerintah melalui konsep-konsep Iklan maupun Berita yang disajikan.
Dengan semakin berkembangnya Pengguna internet dewasa ini kami yakin dengan pengemasan yang menarik tanpa meninggalkan aspek pasar dan pemasaran, usaha ini mampu bertahan dan berkembang di pasar lokal maupun global.
3. Aspek Hukum
Majalah On Line www.Bekpasuruan.com didirikan resmi di bawah suatu Badan Hukum berbentuk CV. Proses selanjutnya dikuatkan dengan pengajuan Surat Ijin Usaha Penerbitan (SIUP) yang diajukan ke Pengadilan Negeri setempat melalui Notaris. SIUP ini baru dapat dikeluarkan setelah CV. Tersebut telah memiliki Tanda Daftar Perusahaan dan NPWP. Biaya pengurusan SIUP menjadi satu paket (tidak dikenai biaya tambahan ) dengan pengurusan CV melalui Notaris yang di tunjuk.

4. Aspek Management dan Organisasi
Majalah On Line www.BEKpasuruan.com secara management tergabung dibawah badan usaha berbentuk CV. Sebagai cabang usaha majalah ini mempunyai struktur organisasi sebagai berikut:
• Pimpinan Usaha
• Pimpinan Redaksi
• Manager Keuangan
• Manager Iklan
Pimpinan Usaha bertugas dan bertanggung Jawab terhadap jalannya usaha penerbitan secara umum. Pimpinan Redaksi bertanggung jawab terhadap proses penerbitan Majalah setiap edisi. Manager Keungan Bertanggung jawab terhadap Laporan Keuangan Perusahaan. Manager Iklan bertugas dan bertanggung jawab terhadap sirkulasi iklan dan target iklan.
5. Aspek Keuangan
Aspek keuangan akan memaparkan Justifikasi Biaya Usaha yang akan dikeluarkan dalam rangka pembangunan fasilitas-fasilitas awal hingga biaya oprasional penerbitan pertama.
Justifikasi Biaya Usaha Majalah on Line www.BEKpasuruan.com
A) Pembangunan Fasilitas
• Biaya Pembuatan Website
• Biaya abondement Hosting ( 100Mb ) per tahun
• Biaya pembelian perangkat komputer
B) Kesekretariatan
• Biaya pembuatan ID Card Press
• Biaya pembuatan Seragam Liputan
• Biaya pengadaan alat tulis kantor (ATK)
C) Biaya Oprasional Terbitan Pertama
TOTAL COST PRODUCTION =



Penutup
Demikian Penawaran Konsep Usaha berdasarkan analisa Kelayakan Merek Usaha Majalah On line www.BEKpasuruan.com yang berusaha kami sajikan. Analisis ini disusun sangat sederhana dan masih memerlukan masukan-masukan dari berbagai pihak yang berkompeten. Semoga analisis ini mampu ditangkap sebagai peluang bisnis yang bagus dan segera ditindak lanjuti menjadi usaha real yang siap mendatangkan profit secara berkelanjutan.

Pasuruan, 11 Juli 2008
General Manager Energi Production




Laili Rahma Dewi, S.Sos

Tidak ada komentar: